Tanya Jawab

Pertanyaan yang diajukan khusus berkaitan dengan Pengadaan Barang dan Jasa.




Pertanyaaan :
Apakah diperlukan Jaminan Pelaksanaan untuk pengadaan melalui ePurchasing?


Jawaban :

Salam Wati,

Jaminan pelaksanaan tidak diperlukan untuk pengadaan melalui ePurchasing.

Demikian disampaikan, Terima Kasih.


Pertanyaaan :
Bagaimana ikut lelang AMDAL Lalin Pembangunan RSUD Kalimantan Utara di Tanjung Selor?


Jawaban :

Salam Ifan Kurniawan,

Berikut disampaikan cara ikut tender :

1. pastikan dapat log in di LPSE Provinsi Kalimantan Utara

2. Pastikan bahwa tender yang ingin diikuti berada pada tahap pengumuman

3. Setelah log in, klik paket baru

4. Masukan keyword pada kolom pencarian

5. Klik nama paket yang ingin diikuti dan klik setuju dan ikut tender

Terima kasih


Pertanyaaan :
Mohon petunjuk untuk mengetahui user id dan password APENDO, caranya bagaimana?


Jawaban :

Salam Deni,

Untuk user ID dan password APENDO V.5.1.2 dapat langsung dibuat sendiri dengan catatan harus terkoneksi dengan internet.

Terima kasih


Pertanyaaan :
Selamat siang helpdesk, saya mau ikut tender secara online di LPSE, Bagaimana cara nya ya?


Jawaban :

Salam Ratih,

Penyedia barang/jasa melakukan registrasi online di  http://lpse-kaltara.go.id dengan cara sebagai berikut :

  1. Pada tampilan utama/home, klik "pendaftaran penyedia"\
  2. Mengisi alamat surel/email penyedia barang/jasa (pastikan alamat email benar)
  3. Mengisi kode keamanan yang tersedia
  4. Klik mendaftar
  5. Membuka surel/email penyedia barang/jasa, terdapat konfirmasi dari LPSE Provinsi Kalimantan Utara (admin.kaltara@lpse.lkpp.go.id) dan ikuti petunjuknya.
  6. Mengisi data awal secara online (membuat user ID dan Password)
  7. Pendaftana online berhasil apabila mendapatkan balasan surel/email dengan subjek (LPSE) (USERID). Selamat Bergabung di LPSE Nasinal dari admin.kaltara@lpse.lkpp.go.id
  8. Kemudian silahkan datang ke Gedung Gadis Lantai 5 Dinas Komunikasi dan Informatika untuk melakukan verifikasi.
  9. setelah melakukan verifikasi, penyedia dapat mengikuti tender secara online di LPSE dengan menggunakan user ID dan password

Terimakasih




Pertanyaaan :
Mohon tips agar perusahaan bisa bersaing dengan perusahaan lainnya di LPSE, terima kasih


Jawaban :

Salam Nasrullah Nasir,

Tips agar perusahaan bisa bersaing dengan perusahaan lainnya melalui tender di LPSE adalah dengan mengikuti pelatihan-pelatihan SPSE baik yang diadakan oleh Pemerintah Daerah atau Lembaga untuk meningkatkan kemampuan dalam mengikuti tender di LPSE.

Selain itu, berikut beberapa tips untuk dapat ikut tender :

1. Kita siapkan terlebih dahulu perusahaan yang hendak digunakan untuk mengikuti tender, entah itu berbentuk PT atau CV karena peraturan pemerintah mensyaratkan peserta tender harus berbentuk badan hukum bukan perorangan.

2. Kita urus juga berbagai macam dokumen syarat tender seperti Nomor pokok wajib pajak ( NPWP ), Surat izin usaha perdagangan (SIUP), Surat keterangan domisili perusahaan (SKDP) dan untuk tender proyek bangunan biasanya ada persyaratan tambahan sepertiIzin usaha jasa konstruksi(IUJK) dan dokumen lainya dapat dibaca dan dipelajari pada masing-masing pengumuman lelang.

3. Mencari tahu sebanyak mungkin berita tender, bisa didapat dari koran, website atau LPSE sebagai lembaga pengadaan lelang secara elektronik masing-masing wilayah kabupaten atau kota di Indonesia.

4. Baca dan periksa dengan teliti apa saja persyaratan yang harus disediakan seperti berkas-berkas atau surat-surat yang harus ada dalam pengajuan tender.

5. Ikuti dengan disiplin jadwal tender yang disediakan, melakukan lebih awal atau terlambat bisa menjadi penyebab kegagalan menjadi pemenang tender.

6. Bermainlah dengan jujur tanpa melakukan kecurangan seperti bekerja sama dengan panitia tender agar terpilih menjadi pemenang, proyek banyak jika didapat dengan cara haram maka tidak akan mengantarkan kita ke gerbang kebahagiaan dan ketenangan hidup, sebaliknya biarpun dapat proyek sedikit jika itu dengan jalan halal maka lebih berkah dan bermanfaat untuk menjalani kehidupan.

7. Hindari perbuatan yang melanggar hukum seperti mengancam peserta lelang lain, atau mengancam panitia tender agar dipilih menjadi pemenang. sebagai peserta tender kita dalam posisi sebagai peminta, oleh karena itu sudah sepatutnya kita bertingkah laku terbaik agar jikalau terpilih menjadi pemenang tetap didapat dengan cara yang baik.

8. Ajukan harga penawaran dibawah dan mendekati harga tender, mengajukan harga lebih tingi maka kita akan kalah dengan peserta yang mau menawarkan harga lebih murah. namun menawarkan harga terlalu murah juga tidak baik karena kita bisa dianggap akan melakukan 

 mengurangi spesifikasi dan kualitas barang untuk mendapatkan harga termurah.

9. Jaga hubungan baik dengan suplier dan pedagang barang atau jasa, dengan begini maka kita tetap dapat memberikan pekerjaan sesuai dengan persyaratan tender.

10. Jika kita terpilih menjadi pemenang tender maka mengerjakan sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati, dengan begini tentu kita sudah mendapat nama baik dan punya potensi besar untuk menang tender proyek berikutnya.

Terima kasih


Pertanyaaan :
Saya lupa password, mohon bantuannya Lupa password login sebagai penyedia atau non-penyedia? jika sebagai non-penyedia, maka dapat mengajukan surat permohonan reset password. Jika sebagai Penyedia, dapat menggunakan menu Lupa Password. Demikian penjelasan kami, untuk informasi lebih lanjut silahkan datang ke Kantor LPSE Dinas Komunikasi dan Informatika. Terima kasih.


Jawaban :

Salam Aryzal,

Jika sebagai Penyedia, dapat menggunakan menu Lupa Password. Demikian penjelasan kami, untuk informasi lebih lanjut silahkan datang ke Kantor LPSE Dinas Komunikasi dan Informatika. Terima kasih.



Layanan Pengadaan Secara Elektronik adalah layanan pengelolaan teknologi informasi untuk memfasilitasi pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa secara elektronik

Senin - Kamis 08.00 - 16.00 WITA, Istrahat : 12.00 - 14.00 | Jum'at 08.00 - 11.00 WITA

KONTAK

Jalan Kolonel H. Soetadji No. 1 Tanjung Selor Kode Pos 77212

08115919998

helpdesk@lpse-kaltara.go.id

helpdesk.lpsekaltara@gmail.com

×